3 Cara Membuat Tanggal Otomatis di Spreadsheet, Mudah Terbaru!

 CARA MEMBUAT TANGGAL OTOMATIS DI APLIKASI GOOGLE SPREADSHEET

Google merupakan perusahaan jasa dan produk internet yang paling populer saat ini, terkenal dengan pencari online yang memiliki pengguna paling banyak saat ini di dunia, bahkan Google juga menyediakan berbagai produk layanan internet yang sangat membantu dalam kehidupan, mulai dari Gmail, Google Maps, Youtube, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Didirikan pada tahun 1998, Google terus berkembang hingga sekarang dan menjadi perusahaan paling berpengaruh saat ini. Bahkan Google juga memiliki sistem operasi bernama Android, yang tentunya digunakan oleh banyak perangkat keras dan elektronik saat ini.
 
google spreadsheet

 
Bahkan Google memiliki server yang sangat besar, tentunya merupakan penyimpanan dan pusat data di seluruh dunia. Tentunya server yang sangat besar tersebut untuk memenuhi kebutuhan layanan Google agar terus lancar.
 
 

Google Spreadsheet

Google Spreadsheet merupakan salah satu produk layanan Google yang cukup populer, Spreadsheet adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi perhitungan yang digunakan untuk melakukan analisis komparatif data. Bentuk analisis dan perhitungan yang lain dapat berupa analisis statistik, perhitungan akuntansi dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Anda bisa mengolah angka, analisis data, mengurutkan, mengedit, dan meringkas data, bahkan untuk perhitungan aritmatika dan statistik, termasuk untuk membantu dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan logika dan matematika.


Menggunakan Google Spreadsheet

Google Spreadsheet seringkali digunakan untuk mengolah berbagai macam data dalam bentuk tabel, diantaranya perhitungan keuangan seperti membuat anggaran, analisis data seperti membuat grafik dan menghitung rata-rata, pengelolaan proyek seperti membuat jadwal dan melacak kemajuan aktivitas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di Google Spreadsheet juga memiliki fitur yang sangat lengkap, sehingga anda bisa dengan mudah membuat rangkuman data yang detail dalam bentuk tabel, bahkan fitur-fitur yang ada dapat membantu anda dalam membuat data dengan mudah.


Menggunakan Google Spreadsheet

Seperti yang kita ketahui bahwa Spreadsheet banyak digunakan untuk mengolah analisis data dan statistik, dengan fitur yang lengkap tentunya pengguna bisa dengan mudah membuat data yang diinginkan menggunakan Spreadsheet.

Berbicara mengenai Spreadsheet, tak sedikit pengguna yang bertanya-tanya mengenai cara membuat tanggal otomatis di Spreadsheet. Tentunya dengan membuat tanggal secara otomatis maka untuk data yang anda buat tidak perlu mengetik atau memasukkan keterangan tanggal secara manual.


Lantas bagaimana sih cara membuat tanggal otomatis di Spreadsheet? Cara buat tanggal otomatis di aplikasi Spreadsheet? Cara membuat tanggal otomatis di Google Spreadsheet? Cara memasukkan tanggal secara otomatis di Spreadsheet? Untuk lebih jelasnya, langsung saja bisa anda simak caranya secara lengkap di bawah ini.


Cara Membuat Tanggal Otomatis di Spreadsheet

Bagi anda yang bertanya-tanya mengenai cara membuat tanggal otomatis di Spreadsheet sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda gunakan tergantung kebutuhan, diantaranya sebagai berikut:

1. Untuk Tanggal Saat Ini

Jika anda ingin mencantumkan tanggal saat ini secara otomatis maka anda bisa klik kolom yang ingin anda masukkan tanggal, lalu ketik rumus =TODAY() dan klik centang seperti pada gambar di bawah ini.

spreadsheet


Maka secara otomatis kolom tersebut akan terisi otomatis dengan tanggal saat ini, sehingga anda tidak perlu mengetik manual, bahkan setiap kali anda membuka Spreadsheet, tanggal akan secara otomatis diperbarui.


2. Untuk Tanggal dan Waktu Saat Ini

Untuk yang kedua adalah apabila anda ingin mencantumkan tanggal dan waktu saat ini, untuk caranya juga sama, yang berbeda adalah rumus yaitu =NOW(), kemudian akan tampil format tanggal dan waktu pada kolom tersebut.


3. Membuat Tanggal Otomatis di Kolom yang Dipilih

Bagi anda yang ingin membuat tanggal berurutan berdasarkan kolom yang dipilih maka caranya anda masukkan terlebih dahulu tanggal awal di kolom pertama, kemudian isi kolom kedua dengan tanggal berikutnya.

Jika sudah maka blok kedua sel tersebut, lalu seret tarik hingga ke kolom yang diinginkan. Maka Google Spreadsheet akan mengisi kolom yang ditandai secara otomatis dengan tanggal yang berurutan.



Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan mengenai cara membuat tanggal otomatis di Google Spreadsheet, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

























0 Response to "3 Cara Membuat Tanggal Otomatis di Spreadsheet, Mudah Terbaru!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact