Cara Membuat Pivot Tabel di Google Spreadsheet, Bisa Terbaru!

 CARA MEMBUAT PIVOT TABEL DI GOOGLE SPREADSHEET

Google merupakan perusahaan jasa dan produk internet yang paling populer saat ini, terkenal dengan pencari online yang memiliki pengguna paling banyak saat ini di dunia, bahkan Google juga menyediakan berbagai produk layanan internet yang sangat membantu dalam kehidupan, mulai dari Gmail, Google Maps, Youtube, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Didirikan pada tahun 1998, Google terus berkembang hingga sekarang dan menjadi perusahaan paling berpengaruh saat ini. Bahkan Google juga memiliki sistem operasi bernama Android, yang tentunya digunakan oleh banyak perangkat keras dan elektronik saat ini.
 
Google Spreadsheet

 
Bahkan Google memiliki server yang sangat besar, tentunya merupakan penyimpanan dan pusat data di seluruh dunia. Tentunya server yang sangat besar tersebut untuk memenuhi kebutuhan layanan Google agar terus lancar.
 
 

Google Spreadsheet

Google Spreadsheet merupakan salah satu produk layanan Google yang cukup populer, Spreadsheet adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi perhitungan yang digunakan untuk melakukan analisis komparatif data. Bentuk analisis dan perhitungan yang lain dapat berupa analisis statistik, perhitungan akuntansi dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Anda bisa mengolah angka, analisis data, mengurutkan, mengedit, dan meringkas data, bahkan untuk perhitungan aritmatika dan statistik, termasuk untuk membantu dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan logika dan matematika.
 
 

Menggunakan Google Spreadsheet

Google Spreadsheet seringkali digunakan untuk mengolah berbagai macam data dalam bentuk tabel, diantaranya perhitungan keuangan seperti membuat anggaran, analisis data seperti membuat grafik dan menghitung rata-rata, pengelolaan proyek seperti membuat jadwal dan melacak kemajuan aktivitas, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Di Google Spreadsheet juga memiliki fitur yang sangat lengkap, sehingga anda bisa dengan mudah membuat rangkuman data yang detail dalam bentuk tabel, bahkan fitur-fitur yang ada dapat membantu anda dalam membuat data dengan mudah.
 
 

Membuat Data Menggunakan Google Spreadsheet

Seperti yang diketahui bahwa anda dapat membuat berbagai macam jenis dokumen data menggunakan Google Spreadsheet, mulai dari data penjualan, data statistik, data aktivitas, data perkembangan usaha, dan lain-lain.
 
Berbicara mengenai Google Spreadsheet, tak sedikit pengguna yang bertanya-tanya mengenai cara membuat pivot tabel di Google Spreadsheet. Mengingat tabel pivot sangat berguna untuk merangkum dan menganalisis data dalam bentuk yang lebih mudah dipahami, tak heran jika terkadang pengguna perlu bisa membuat tabel pivot di spreadsheet.
 
 
Lantas bagaimana sih cara membuat pivot tabel di Google Spreadsheet? Cara membuat tabel pivot di Spreadsheet? Cara membuat data tabel pivot di Google Spreadsheet? Cara membuat data dengan tabel pivot di Google Spreadsheet? Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, langsung saja simak pembahasan caranya di bawah ini.
 
 

Cara Membuat Pivot Tabel di Google Spreadsheet

Bagi anda yang bertanya-tanya mengenai cara membuat pivot tabel di Google Spreadsheet sebenarnya bisa saja dilakukan, pertama pastikan bahwa anda sudah membuat data yang terorganisir baik di file Spreadsheet, lalu setiap kolom harus memiliki header yang jelas sebagai penunjuk data pada setiap kolomnya.
 
Setelah itu, anda bisa blok semua rentang data pada file Spreadsheet anda yang ingin anda masukkan ke tabel pivot. Jika sudah maka selanjutnya anda bisa ke menu Insert, lalu anda tinggal pilih Pivot Table.
 
 
 
Setelah pivot tabel berhasil dibuat, maka sebuah panel editor akan muncul di sebelah kanan layar. Dengan panel editor tersebut anda bisa mengatur tampilan dan analisis data, sehingga data anda bisa menjadi lebih sempurna dan mudah dipahami.
 
Anda bisa menarik dan lepas field dari data Anda ke area "Baris" atau "Kolom" untuk mengelompokkan data, atau tarik field numerik ke area "Nilai" untuk melakukan perhitungan seperti jumlah, rata-rata, maksimum, minimum, dan lain lain. Jangan lupa gunakan area "Filter" untuk menyaring data berdasarkan kriteria tertentu.
 
 
Perlu diketahui bahwa dalam membuat tabel pivot memang membutuhkan latihan, jadi jangan ragu untuk terus mengasah keterampilan anda dalam membuat data tabel pivot di Google Spreadsheet. Anda juga harus terampil dalam menggunakan rumus-rumus di Spreadsheet, sehingga akan memudahkan anda dalam membuat tabel pivot yang baik dan benar.
 
 
Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan mengenai cara membuat pivot tabel di Google Spreadsheet, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

0 Response to "Cara Membuat Pivot Tabel di Google Spreadsheet, Bisa Terbaru!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact