3 Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Google Spreadsheet, Terbaru!

 CARA MEMBUAT NOMOR URUT DI SPREADSHEET

Google merupakan perusahaan jasa dan produk internet yang paling populer saat ini, terkenal dengan pencari online yang memiliki pengguna paling banyak saat ini di dunia, bahkan Google juga menyediakan berbagai produk layanan internet yang sangat membantu dalam kehidupan, mulai dari Gmail, Google Maps, Youtube, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Didirikan pada tahun 1998, Google terus berkembang hingga sekarang dan menjadi perusahaan paling berpengaruh saat ini. Bahkan Google juga memiliki sistem operasi bernama Android, yang tentunya digunakan oleh banyak perangkat keras dan elektronik saat ini.
 
Google spreadsheet

 
Bahkan Google memiliki server yang sangat besar, tentunya merupakan penyimpanan dan pusat data di seluruh dunia. Tentunya server yang sangat besar tersebut untuk memenuhi kebutuhan layanan Google agar terus lancar.
 
 

Google Spreadsheet

Google Spreadsheet merupakan salah satu produk layanan Google yang cukup populer, Spreadsheet adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi perhitungan yang digunakan untuk melakukan analisis komparatif data. Bentuk analisis dan perhitungan yang lain dapat berupa analisis statistik, perhitungan akuntansi dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Anda bisa mengolah angka, analisis data, mengurutkan, mengedit, dan meringkas data, bahkan untuk perhitungan aritmatika dan statistik, termasuk untuk membantu dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan logika dan matematika.
 
 

Menggunakan Google Spreadsheet

Google Spreadsheet seringkali digunakan untuk mengolah berbagai macam data dalam bentuk tabel, diantaranya perhitungan keuangan seperti membuat anggaran, analisis data seperti membuat grafik dan menghitung rata-rata, pengelolaan proyek seperti membuat jadwal dan melacak kemajuan aktivitas, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Di Google Spreadsheet juga memiliki fitur yang sangat lengkap, sehingga anda bisa dengan mudah membuat rangkuman data yang detail dalam bentuk tabel, bahkan fitur-fitur yang ada dapat membantu anda dalam membuat data dengan mudah.
 
 

Membuat Dokumen Data di Google Spreadsheet

Seperti yang kita ketahui bahwa anda bisa membuat berbagai macam dokumen data menggunakan Google Spreadsheet, mulai dari data penjualan, data statistik, data aktivitas, data pekerjaan, dan lain-lain. Terkadang dalam membuat suatu data kita perlu membuat penomoran, termasuk membuat nomor urut otomatis yang memudahkan pembuatan data.
 
Berbicara mengenai Google Spreadsheet, tak sedikit pengguna yang bertanya-tanya mengenai cara membuat nomor urut otomatis di Google Spreadsheet. Hal ini termasuk mengenai cara membuat penomoran otomatis pada data, sehingga anda tidak perlu membuat nomor urut secara manual.
 
 
Lantas bagaimana sih cara membuat nomor urut di Google Spreadsheet? Cara membuat nomor urut otomatis di Spreadsheet? Cara membuat nomor urut di Google Spreadsheet? Cara membuat penomoran otomatis di Google Spreadsheet? Cara membuat nomor otomatis di Spreadsheet? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan caranya lengkap di bawah ini.
 
 

Cara Membuat Nomor Otomatis di Google Spreadsheet

Bagi anda yang bertanya-tanya mengenai cara membuat nomor urut otomatis di Google Spreadsheet sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan, diantaranya sebagai berikut:
 

1. Menggunakan Fitur Isi Otomatis atau Autofill

Untuk cara yang pertama adalah menggunakan fitur autofill atau isi otomatis, caranya masukkan angka awal di sel pertama, lalu di sel yang kedua masukkan angka yang mengikuti pola urut, misalnya sel 1 angka 1 dan sel 2 angka 2.
 
Kemudian anda bisa blok kedua sel tersebut, lalu arahkan kursor ke sudut kanan bawah blok sel, akan muncul tanda "+" kecil. Kemudian klik dan tarik tanda "+" tersebut ke bawah (atau ke kanan, tergantung arah penomoran) hingga mencapai jumlah baris yang Anda inginkan.
 
 
Dengan demikian, setiap sel akan terisi nomor secara otomatis dengan mengikuti pola nomor dari sel 1 dan sel 2, cara penomoran autofill cocok untuk penomoran sederhana dan cepat.
 
 

2. Menggunakan Fitur ROW

Untuk cara yang kedua adalah dengan menggunakan fitur ROW, caranya pada sel pertama yang ingin diberi nomor urut, ketik rumus =ROW(A1). Kemudian klik centang maka angka 1 akan muncul, lalu blok sel tersebut dan tarik ke bawah untuk mengisi sel-sel di bawahnya dengan nomor urut secara otomatis.
 
Dengan demikian maka setiap baris akan terisi nomor secara otomatis, sehingga anda tidak perlu sulit mengenai penomoran pada data Spreadsheet anda, cara penomoran ini lebih fleksibel dan bisa digunakan dalam rumus lainnya.
 
 

3. Menggunakan Fitur SEQUENCE

Untuk cara yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur SEQUENCE, untuk caranya pertama anda bisa pilih sel yang ingin diberi nomor urut, kemudian ketik rumus =SEQUENCE(jumlah_baris). Misalnya, untuk membuat nomor urut dari 1 sampai 100, ketik =SEQUENCE(100).
 
Selanjutnya anda tinggal klik centang, maka sel akan terisi dengan nomor urut secara otomatis, cara penomoran ini lebih ideal untuk membuat rangkaian nomor yang panjang dan kompleks.


Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan mengenai cara membuat nomor urut otomatis di Google Spreadsheet, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.


























0 Response to "3 Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Google Spreadsheet, Terbaru!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact