5 Cara Membuat Kalender di Google Spreadsheet, Terbaru!

 CARA MEMBUAT KALENDER DI GOOGLE SPREADSHEET

Google merupakan perusahaan jasa dan produk internet yang paling populer saat ini, terkenal dengan pencari online yang memiliki pengguna paling banyak saat ini di dunia, bahkan Google juga menyediakan berbagai produk layanan internet yang sangat membantu dalam kehidupan, mulai dari Gmail, Google Maps, Youtube, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Didirikan pada tahun 1998, Google terus berkembang hingga sekarang dan menjadi perusahaan paling berpengaruh saat ini. Bahkan Google juga memiliki sistem operasi bernama Android, yang tentunya digunakan oleh banyak perangkat keras dan elektronik saat ini.
 
google spreadsheet

 
Bahkan Google memiliki server yang sangat besar, tentunya merupakan penyimpanan dan pusat data di seluruh dunia. Tentunya server yang sangat besar tersebut untuk memenuhi kebutuhan layanan Google agar terus lancar.
 
 

Google Spreadsheet

Google Spreadsheet merupakan salah satu produk layanan Google yang cukup populer, Spreadsheet adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi perhitungan yang digunakan untuk melakukan analisis komparatif data. Bentuk analisis dan perhitungan yang lain dapat berupa analisis statistik, perhitungan akuntansi dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Anda bisa mengolah angka, analisis data, mengurutkan, mengedit, dan meringkas data, bahkan untuk perhitungan aritmatika dan statistik, termasuk untuk membantu dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan logika dan matematika.
 
 

Menggunakan Google Spreadsheet

Google Spreadsheet seringkali digunakan untuk mengolah berbagai macam data dalam bentuk tabel, diantaranya perhitungan keuangan seperti membuat anggaran, analisis data seperti membuat grafik dan menghitung rata-rata, pengelolaan proyek seperti membuat jadwal dan melacak kemajuan aktivitas, dan masih banyak lagi yang lainnya.
 
Di Google Spreadsheet juga memiliki fitur yang sangat lengkap, sehingga anda bisa dengan mudah membuat rangkuman data yang detail dalam bentuk tabel, bahkan fitur-fitur yang ada dapat membantu anda dalam membuat data dengan mudah.
 
 

Membuat Data dengan Google Spreadsheet

Seperti yang kita ketahui bahwa anda bisa membuat berbagai macam jenis data di Google Spreadsheet, mengingat fitur-fitur yang lengkap di Spreadsheet bisa anda gunakan dengan mudah dalam berkreasi membuat laporan data.

Berbicara mengenai Spreadsheet, tak sedikit pengguna yang bertanya-tanya mengenai cara membuat kalender di Google Spreadsheet. Mengingat kalender terkadang sangat penting untuk membuat data jadwal maupun absen dan lain-lain.


Lantas bagaimana sih cara membuat kalender di Spreadsheet? Cara membuat data kalender di Spreadsheet? Cara membuat data kalender di Google Spreadsheet? Cara membuat kalender di Google Spreadsheet? Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, langsung saja bisa anda simak pembahasannya lengkap di bawah ini.


Cara Membuat Kalender di Google Spreadsheet

Bagi anda yang bertanya-tanya mengenai cara membuat data kalender di Google Spreadsheet sebenarnya bisa saja untuk dilakukan, terdapat beberapa point yang harus anda lakukan diantaranya sebagai berikut:

1. Untuk pertama anda bisa buat header berupa tanggal, hari, bulan, dan tahun, serta aktivitas untuk kolom terakhir.
2. Selanjutnya untuk sel kedua, masukkan tanggal pertama misalnya tanggal (1).
3. Kemudian seret kolom kedua hingga kolom tanggal yang diinginkan.
4. Pada sel B2, anda masukkan rumus =TEXT(A2,"dddd") untuk menampilkan nama hari, dan seret kolom hingga ke tanggal terakhir.
5. Maka langkah terakhir adalah anda tinggal mengisi kolom Aktivitas untuk kegiatan anda sesuai tanggal dan hari.



Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur-fitur rumus seperti IF, VLOOKUP, serta SUM agar kalender anda bisa lebih informatif. Ada juga fitur Format untuk membuat kalender anda jadi lebih menarik, serta fitur Filter untuk menyaring data berdasarkan tanggal, hari, dan aktivitas tertentu.

Selain itu, ada pula fitur Conditional Formatting untuk menandai tanggal penting atau juga tugas yang sudah selesai, dan masih banyak lagi fitur lainnya yang bisa membuat kalender anda lebih bagus di Spreadsheet.


Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan mengenai cara membuat kalender di Google Spreadsheet, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.


























0 Response to "5 Cara Membuat Kalender di Google Spreadsheet, Terbaru!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact